Keanzikal Keanzikal Author
Title: KEKUATAN PENENTU TUJUAN
Author: Keanzikal
Rating 5 of 5 Des:
Dalam hidup, kita perlu alasan yang menarik untuk bekerja keras, terap focus dan bangun pagi. Hidup tanpa tujuan membuat potensi yan...


Dalam hidup, kita perlu alasan yang menarik untuk bekerja keras, terap focus dan bangun pagi. Hidup tanpa tujuan membuat potensi yang kita miliki tidak terasah dengan maksimal. Jalan untuk mencapai tujuan memang tidak selalu mulus dan lurus. Kadang hambatan yang datang begitu berat dan bertubi-tubi. Jadi memang dibutuhkan kerja keras untuk mencapai tujuan.

Ada beberapa langkah penting yang dapat membantuk kita mencapai tujuan, antara lain :

  1. Memimpikan mimpi. Pikiran manusia itu ajaib. Kemampuan untuk mengeluarkan dan memproses ide-ide luar biasa merupakan nikmat Allah yang sangat besar pada umat manusia. Dia telah memberikan anugerah menakjubkan berupa pengetahuan, kebijaksanaan, dan kemampuan untuk bermimpi. "Dan tatkala dia cukup dewasa Kami berikan kepadanya hikmah dan ilmu. Demikianlah Kami memberikan balasan kepada orang-orang yang berbuat baik." (QS Yusuf:22). Jadi biarkan imajinasi kita longgar, anmun dengan batas yang ditetapkan oleh Allah dan RasulNya. Tetapkan tujuan yang terukur dan tentunya baik untuk kita.
  2. Berdoa kepada Allah. Memiliki tujuan yang ingin kita capai itu sangat baik, tapi kita harus tahu bahwa kita tidak dapat mencapai apa-apa tanpa campur tangan Allah. Oleh karena itu mintalah kepada Allah untuk memandu kita dalam mencapai apa yang hendak kita capai. Berdoalah, "Ya Allah apabila Engkau mengetahui bahwa urusan ini lebih baik dalam agamaku dan akibatnya terhadap diriku, takdirkanla untukku, mudahkanlah jalannya, kemudian berilah berkah."
  3. Mengambil langkah. Pastikan bahwa setiap langkah yang kita ambil adalah arah menuju tujuan. Mampu mengartikulasi secara rinci apa yang ingin kamu capai adalah langkap pertama. Kemudian buat jadwal utnuk diri sendiri dan cobalah untuk menetapinya. Namun, perlu kita sadari bahwa rencana Alla selalu lebih baik daripada rencana kita. "Meskipun mereka berncana, Allah juga berencana. Dan Allah adalah perencana yang terbaik." (QS. Al-Anfal:30). Oleh karenanya, setelah menetapkan tujuan dan kita harus meminta kepada Allah untuk memandu langkah kita dalam mencapainya.
  4. Bekerja keras. Sukses memerlukan waktu dan kerja keras. Terkadang usaha kita mungkin tampak sia-sia, tetapi jangan pernah berhenti mencoba. Bila sesekali jatuh, segeralah bangkit dan coba lagi. Jangan pernah berhenti mencoba, "katakanlah, 'Hai kaumku, berbuatlah sepanuh kemampuanmu, sesungguhnya akupun berbuat (pula), kelak kamu akan mengetahui, sipakah (di antara kita) yang akan memperoleh hasil yang baik di dunia ini." (QS Al-An'aam:135). Ingat bahwa Allah menguji kita untuk membuat kita lebih kuat dan membawa kita lebih dekat kepada-Nya. Bekerja keraslah dan kita akan menuai buah dari kerja keras kita.
  5. Bersiap untuk sukses. Ketika merasa tenaga kita semakin lemah dan hampir menyerah, cobalah memvisualisasikan bagaimana bila tujuan kita tercapai. Hal itu mungkin cukup memotivasi kita untuk tetap bertahan. Keep your eye on the prize.
  6. Bersabar. Jalan untuk mencapai tujuan itu lama dan melelahkan, tapi kita tidak boleh kehilangan harapan dan putus asa. "Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan sholat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah berseta orang-orang yang sabar." (QS Al-Baqarah:153).
Tidak ada usia pembatasan untuk mencapai tujuan kita. Seperti halnya tidak ada aturan bahwa kita harus berusia sepuluh tahun untuk belajar menulis. Jadi mimpikan impianmu, tetapkan tujuan untuk diri sendiri dan pastikan bahwa apa yang kita raih sesuai dengan apa yang kita cita-citakan.

About Author

Advertisement

Post a Comment

 
Top